webcounter.com

Sabtu, 01 Mei 2010

Tips : Setting EHA ( actuator ) Mercedes Benz dengan Bosch K - Jetronic ( 300E, 230E, Tiger, 190E dll.)

Tips ini saya tujukan bagi rekan - rekan yang cukup " berani " bongkar-bongkar, sebab tingkat kesulitannya agak tinggi. Tulisan ini adalah pengalaman saya pribadi pada Mercedes Benz 300E M/T 1992 kesayangan saya. Saya pernah coba seting EHA (actuator). Tetapi saya juga ikuti dengan mensetting FPR ( Fuel Pressure Regulator ).
Saya coba setel-setel karena gejalanya adalah :

1. RPM mesin nggak bisa maksimal, cuman sampai 3500-4000 RPM.

2. BBM terlalu irit, sampai-sampai kalau akselerasi tiba-tiba mesin ngelitik.

3. Sudah mulai susah mendahului Carry 1000.



Yang saya lakukan adalah :

1. Buka rumah filter udara.

2. Pastikan ECU bekerja baik mengatur EHA. Gampang, : (dengan mesin hidup) mati-hidup AC, RPM-nya nggak boleh berubah = ECU ngobrol sama EHA.

3. Lepaskan konektor kabel EHA.

4. Buka 2 baut bintang EHA. Hati2 O ring-nya gampang jatuh.

5. Lepaskan EHA.

6. Ada baut obeng minus di bagian bawah EHA, dibawah 2 lubang EHA. Lepaskan, ini hanya baut penutup setelan.

7. Setel baut kecil EHA, putar dengan kunci L no 2 kalau tidak salah. Hati2 1/2 putaran sudah bisa membuat mobil mogok, sulit distart.

8. Putar searah jarum jam 1/4 putaran. Semakin banyak, semakin banyak bensin disemprotkan, semakin tinggi RPM maksimal.

9. Pasang EHA. Pasang konektor kabel.

10. Jika kita coba hidupkan mesin, RPM maksimal akan naik, tetapi mbrebet di putaran atas, dan terlalu cepat kembali stasioner jika gas dilepas. Mesin akan boros dan tidak halus. Maka FPR harus juga disetel.

11. Buka selang bawah FPR (yang ke arah tangki), dengan kunci pas 17. Didalam lubang tersebut sebenarnya ada baut yang bisa diputar yg menentukan keras lemahnya per FPR.

12. Masukkan kunci L no 5 (langka) sebagai gantinya bisa juga pakai kunci bintang no 6.

13. Setel, putar kebalikan arah jarum jam +/- 1/8 putaran.

14. Pasang kembali selang bawah FPR.

15. Coba lagi hidupkan mesin. Putaran mesin kurang tinggi ? EHA kurang ke kanan. Kembali stasioner lambat ? FPR terlalu ke kiri. RPM atas bergetar ? FPR kurang ke kiri. Coba diulang beberapa kali hingga didapat setelan yang pas.

16. Jika sudah pas, tinggal setel baut CO adjustment.

17. Selesai.
Mohon maaf acak-acakan. Semoga membantu.

- Gde Yasa

29 komentar:

  1. letaknya EHA/actuatornya itu dmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menempel pada fueldistributor. Bentuknya kotak sebesar kotak korek api. Berwarna hitam.

      Hapus
  2. kalo selang FPR yang mana Pak ? apakah yg dikabin mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang menempel di FPR ke arah fuel tank, sdr Anonim.

      Hapus
    2. Pak Gede Yasa bisa beri info yg bisa setting Fuel Distributor dan FPR untuk Boxer 300 E. Sy domisili di Denpasar. Tks

      Hapus
  3. makasih mau bebagi ilmunya ....saya sangat terbantu denga postingan ini,,,,,alhamdullilah trouble E300,,,dapat diatasi...semoga alloh membalasnya dan semakin bertambah ilmu dan rezekinya.

    BalasHapus
  4. permisi kang mau nannya klau mercy 300E saya abis ganti Pumpa Bensin Ko malah Ga bisa nyala ya, trus udah saya otak atik EHA nya kaga nyala sama sekali , Mohon bantuannya donk kang kenapa ....? trims .

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek tekanan fueldist, atur di Aktuator/EHA. 0.5 bar lebih rendah dari Tekanan upper/FPR. pas mesin dingin, 0.4 bar pas mesin panas.

      Hapus
  5. kenapa mercy e300 gak mau lamsam

    BalasHapus
  6. Misi Om mau nanya mercy 300e punyaku kalau di start susah hidup,trs di knalpot asapnya hitam dicek busi juga pada hitam, kira2 apa nya ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi dulu.pernah diakali dengan nyetel2 actuatornya/ EHA nya dan FPR nya, Susah hidup bisa krn plunger FD rembes. Busi hitam krn bensin rich ( kaya, boros).

      Hapus
    2. terlalu rich. coba stel CO dulu. dengan asumsi semua sehat. ga di akali dgn rubah2 EHA, FPR, relay2, sensor2... Kalu pernah di ubah2 EHA/ FPR, kembalikan dulu ke setinggan pabrik.

      Hapus
  7. Eha jangan di setel2, udah hitungan insinyur jerman tuh. Kalo RPM ga bisa tinggi en susah medahului carry 1000, bukan ngoprek2 Elektronik Hidrolik Actuator (EHA) tapi ada masalah lain. Misalnya EHA kotor, Fuelpump tekanan melemah, Akumulator rembes dll. Setel EHA tanpa ngerti cara kerjanya, akan bikin masalah baru. Misalnya fuelpump turun kemampuannya krn umur, trus Actuator diputer2 untuk ngimbangi lemahnya fuelpump, pas fuelpump mati,trus ganti baru, apa.ga semakin tinggi tekanan fueldistnya. Apa ga.bikin ECu ngaco, membran FD bocor, plunger bocor, ICV ngaco. Masa kita mau ngakali mobil sendiri, melawan hitungan puluhan insinyur jerman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, sebelum setel2 EHA, pastikan dulu. tekanan upper dan lowernya Fueldistnya, jgn asal puter 1/4 atau 1/2, CW, CCW, dst... tanpa tahu patokan. Slah2 bisa ga nyala, boros, susah start, dll.

      Hapus
    2. Mau setel-setel EHA atau tidak, itu mutlak hak pemilik mobilnya ya...hehehe...saya tidak suruh dan tidak juga larang...bebas...Saya hanya share pengalaman saja, pengalaman saya puter2...boleh kan...hehehe...

      Hapus
    3. Mau setel-setel EHA atau tidak, itu mutlak hak pemilik mobilnya ya...hehehe...saya tidak suruh dan tidak juga larang...bebas...Saya hanya share pengalaman saja, pengalaman saya puter2...boleh kan...hehehe...

      Hapus
  8. Mercy c200 tidak bisa nyala... padahal setrum sudah ada bensin juga keluar kok gak bisa nyala kira2 apanya
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa check pengapian / api di busi barangkali.

      Hapus
  9. Maaf mas, kalau untuk setel CO patokan dasar nya gimana ya setelah setel EHA,? Kasus saya sama seperti mas nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setel CO itu harus setelah mobil hidup, lalu bisa idle normal. Caranya dengan feeling saja, putar baut CO ke kiri hingga mesin hampir mati, lalu perlahan putar balik ke kanan hingga didapat RPM yang paling tinggi. Recheck dengan mencium asap knalpot, kalau terasa perih di idung/ mata, maka masih kurang pas.

      Hapus
  10. Mercy e300 bensin tidak mau keluar membagi ke injeksi gimana om ? Tp dr pompa keluar kencang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesti dipastikan fueldistributor membrane masih bagus, juga FPR (fuel pressure regulator) tidak jebol. Sulit saya terangkan disini. Lebih baik ke bengkel, dicheck delta tekanan fueldist atas bawah.

      Hapus
    2. Maaf pak saya mau tanya..
      Saya ada mercy 230e susah hudup.
      Kalau sudah hidup mesin pincang dan nembak balik ke intake dan busi 3 dan 4 kalau di cek selalu basah.
      Mohon bantuan nya pak.
      Trimakasih..

      Hapus
  11. @mobil eropq bali, mau tanya settingan standar co brp ya?mbl saya mercy w203 c200 mesin m111,wkt itu ama bengkel dibuat nol dr 20, skr rpm gk ns lewat dr 4,5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang paham maksud pertanyaannya. Saran saya bawa saja ke bengkel yang pernah setting tsb. Dibuat nol itu juga saya nggak paham. Maaf ya.

      Hapus
  12. pa saya mau tanya mercy boxer susah hidup di stater harun panjang baru hidup,tapi kalo di pancing pake bensin sedik baru mau hidup.trms

    BalasHapus
  13. Izin mau tanya om
    Mercy c klase c180 asap itam pedas dan rpm awal gk satabil
    Tinggi tp turun nya bertahap sesekali ngayun rpm nya
    Kira2 apa nya ya om ?

    BalasHapus
  14. Apakah actuator utk 230 E dan 300 E sama ?

    BalasHapus