webcounter.com

Selasa, 20 April 2010

Tips: Check Alternator pengisian accu Peugeot 504

Peugeot 504 adalah salah satu mobil dengan kenyamanan khas Perancis yang sulit kita cari tandingannya, bahkan oleh mobil mewah keluaran terbarupun. Akan tetapi kenyamanan kendaraan kita akan sangat terganggu jika "keamanan" pengisian accu oleh alternator tidak maksimal sehinggan mobil mogok akibat accu "tekor". Hal ini sangat mungkin terjadi karena Peugeot 504 tidak memiliki indikator lampu "CHARGE" sebagai penanda ketidak beresan pengisian accu, sedangkan "ACCU METER" bawaan pabrik pada dashboard tidak begitu akurat.
Ada baiknya kita melakukan check-up pengisian accu Peugeot 504 kita paling tidak 1 bulan sekali.

Alat-alat yang diperlukan :
  1. Multimeter atau Voltmeter, sebaiknya digital.
  2. Kunci pas 10

Langkah-langkah pemeriksaan :
  1. Ukur tegangan di terminal accu dengan Voltmeter. Jika kondisi accu masih baik tegangan akan berada di rentang 12,1 - 12,8 Volt. Jika lebih rendah ada indikasi gangguan pengisian oleh alternator.
  2. Hidupkan kendaraan, biarkan ilde sekitar 2 menit.
  3. Dalam keadaan mesin hidup dan idle, ukur kembali tegangan di terminal accu. Tegangan seharusnya sekitar 12,8 - 13,5 Volt. Jika dibawah itu, bisa jadi rpm idle terlalu rendah, atau dioda alternator ada yang rusak, atau coal/sikat kutub alternator habis. Jika diatas itu, relay "cut-out" (regulator tegangan mekanis) atau IC regulator rusak.
  4. Biarkan voltmeter menempel di terminal accu.
  5. Putar mekanik karburator/injector untuk "meng-gas" mesin. Tahan di sekitar 2ooo rpm, sambil memperhatikan tegangan maksimal di Voltmeter.
  6. Tegangan seharusnya sekitar 12,9 - 13,8 Volt. Jika kurang, pasti ada kerusakan pada alternator (coal dan atau dioda). Jika lebih, pasti kerusakan ada pada regulator, alternator bagus 100%.
  7. Selesai.

Semoga berguna.

-Gde Yasa M-

1 komentar:

  1. Tips2 kaya gini nih yg paling bnyk dicari..klo bs tips utk merawat/setting airflow pug 504gti dooong..sukses terus bwt Mobil Eropa Bali!!

    BalasHapus