webcounter.com

Kamis, 09 Mei 2019

DIY : Reverse bleeding master kopling Peugeot 504

Om Suastiastu,
Kali ini saya ingin berbagi kepada rekan2 pecinta Mobil Eropa pengalaman saya seputar permasalahan pada master kopling kendaraan kesayangan kita.

Banyak kendaraan, tidak hanya mobil Eropa, menggunakan sistem hidrolik untuk menggerakkan kopling. Bahkan untuk mobil yang tua, kuno sekalipun seperti Land Rover Series 1961 ataupun Peugeot 504 1976 sistem kopling sudah menggunakan hidrolik. Pada sistem hidrolik ini terdapat beberapa komponen utama antara lain, master kopling bagian atas ( Master Cylinder ) yang terhubung dengan tuas kopling, dan master kopling bawah ( Slave Cylinder ) yang terhubung dengan tuas penggerak matahari kopling.

Seiring waktu dan pemakaian, komponen tersebut akan rusak. kerusakan biasanya berupa longgarnya ruang antara piston dan cylinder pada master akibat keausan seal karet, ataupun dinding cylinder.Tak ada cara lain selain menggantinya baik hanya repair kit saja ataupun komponen master / slave -nya  secara utuh.

Terdapat permasalahan yang sulit diatasi pada saat proses akhir penggantian parts master / slave kopling, yakni menghilangkan "angin palsu" di dalam pipa hidrolik. Hal ini disebabkan oleh karena sifat udara yang selalu bergerak ke atas, sedangkan nipple pembuangan ada di bawah.

Untuk mengatasi permasalahan pembuangan angin palsu tersebut, ada sebuah metode yang sangat ampuh yakni "REVERSE BLEEDING". Apa itu? Sesuai dengan pengertian reverse yang berarti mundur atau arah sebaliknya, maka pembuangan angin palsu dilakukan dengan cara menyalurkannya ke atas, ke arah tabung oli, bukan ke bawah, ke arah nipple. Justru sebaliknya nipple menjadi pintu masuk oli yang akan mendorong udara ke atas untuk keluar melalui tabung oli pada master atas.

Lalu bagaimanakah cara melakukannya? Simple. Kita manfaatkan sistem hidrolik rem. Caranya :
( Ilustrasi ini saya buat dan praktekkan pada Peugeot 504 tahun 1976 )

 1. Dongkrak Mobil, lalu lepaskan roda yang paling dekat dengan posisi Slave Kopling ( Master bawah). Siapkan juga selang hidrolik ukuran 3 mm, biasa dijual di toko bahan bangunan atau toko akuarium.


2. Buka tutup Master Rem Atas agar mudah menambahkan Oli Rem. Buka juga tutup Master Kopling Atas agar udara dapat keluar dengan mudah


3. Pasang pangkal selang pada nipple Master Rem, lalu putar nipple, longgarkan.


 4. Pasang ujung selang pada nipple di Slave Kopling / Master Bawah Kopling, lalu putar nipple, longgarkan.


  5. Pompa pedal rem perlahan-lahan. Oli rem akan terpompa ke nipple Slave Kopling, dan udara perlahan mulai keluar lewat Tabung Oli Kopling. Pompa terus hingga udara tidak tampak lagi. Jangan lupa mengisi Oli Rem jika berkurang.

6. Kencangkan semua nipple yang kita longgarkan tadi, lalu cabut selang. Pasang kembali roda.

7. Test kinerja sistem hidrolik Kopling dan Rem.

8. Selesai.

Semoga berguna!!!!!!

Om Santhy, Santhy, Santhy, Om.

Copyright : Gde Yasa Manuadi (Mobil Eropa Bali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar