webcounter.com

Sabtu, 29 Mei 2010

TIPS : Mengenal Seputar Baut Land Rover Series (I, IIa, II, III)

Land Rover Series adalah mobil buatan Inggris yang sangat handal dan berumur panjang. Hal ini tak lepas dari kehebatan body Landy series yang terbuat dari aluminium dengan nama paten Birmabright. Konon sampai saat ini 75 persen populasi Landy series masih beroperasi di dunia.
Padahal awalnya Landy diciptakan dari kondisi bagaimana memanfaatkan limbah pesawat bekas PD I untuk kendaraan serbaguna yang mendukung pertanian. Dalam perkembangannya Landy digunakan hampir di segala medan dan segala keperluan. Mulai pertanian, rescue, kendaraan tempur, pickup, tambang, perkebunan, personel carrier, dll.
Agar  Landy series kita terus dapat berumur panjang, ada baiknya kita kenal seluk beluk pemeliharaannya. Paling tidak dari baut.
Baut????
Ya, baut. Landy series menggunakan paling tidak dua jenis baut dengan standar yang berbeda di sekujur tubuhnya.
Jenis pertama adalah baut standar metric biasa. Kita biasa menyebutnya dengan baut 8, 10, 12 dll. Dengan drat standar metric.
Jenis kedua adalah baut standar UNF. Ciri-cirinya adalah kepala baut berukuran ganjil, biasa kita sebut secara awam dengan kunci 11,13 dst. Akan tetapi dratnya agak sedikit lebih kasar dari standar metric. Akan tetapi lebih halus daripada baut UNC. Tidak semua toko baut menjual baut ini, biasanya hanya di toko baut yang agak besar dan lengkap yang menyediakannya.
Kalau kapan-kapan anda mencarikan "Si Landy" baut, maka ada baiknya kita periksa jenis baut apakah yang kita butuhkan. Jika ternyata UNF, kita tinggal bilang kepada penjaga toko baut : " Minta baut UNF kepala 13" atau ukuran lainnya.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Jangan segan-segan untuk mengikuti blog ini ya...Terima kasih.

-Gde Yasa Manuadi-
Please visit my web : http://www.bengkelmobileropa-bali.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar